Selasa, 03 April 2012

Manfaat Membaca Karya Tulis Ilmiah


        I.            Pendahuluan
Membaca seperti telah diketahui bahwa membaca banyak manfaatnya. Namun sebelum kemanfaat membaca terlebih dahulu harus tahu apa itu membaca.
Menurut saya membaca adalah menjelajah dunia tanpa harus fisik yang terjun dengan membaca kita bisa banyak tahu apa yang belum kita ketahui, membaca adalah sarana untuk melatih penelaran, melatih lidah agar tidak kelu, melatih mata, melatih kecakapan kita dalam ilmu pengetahuan.



Tampubolon (1993) menjelaskan pada hakikatnya membaca adalah kegiatan fisik dan mental untuk menemukan makna dari tulisan, walaupun dalam kegiatan itu terjadi proses pengenalan huruf-huruf. Dikatakan kegiatan fisik, karena bagian-bagian tubuh khususnya mata, yang melakukannya. Dikatakan kegiatan mental karena bagian-bagian pikiran khususnya persepsi dan ingatan, terlibat didalamnya. Dari definisi ini, kiranya dapat dilihat bahwa menemukan makna dari bacaan (tulisan) adalah tujuan utama membaca, dan bukan mengenali huruf-huruf. Diperjelas oleh pendapat Smith (Ginting, 2005) bahwa membaca merupakan suatu proses membangun pemahaman dari teks yang tertulis. (www1.bpkpenabur.or.id/jurnal/04/017-035.pdf ).


Proses membaca menurut Burn, Roe dan Ross (1984) merupakan proses penerimaan simbol oleh sensori, kemudian mengintererpretasikan simbol, atau kata yang dilihat atau mempersepsikan, mengikuti logika dan pola tatabahasa dari kata-kata yang ditulis penulis, mengenali hubungan antara simbol dan suara antara kata-kata dan apa yang ingin ditampilkan, menghubungkan kata-kata kembali kepada pengalaman langsung untuk memberikan kata-kata yang bermakna dan mengingat apa yang merela pelajari dimasa lalu dan menggabungkan ide baru dan fakta serta menyetujui minat individu dan sikap yang merasakan tugas membaca.



Ginting (2005) menyebutkan bahwa membaca merupakan proses ganda meliputi proses penglihatan dan proses tanggapan. Proses penglihatan dijabarkan oleh Wassman & Rinsky (Ginting, 2005), sebagai proses penglihatan, membaca bergantung pada kemampuan melihat simbol-simbol, oleh karena itu, mata memainkan peranan penting. Dan sebagai proses tanggapan dijabarkan Ahuja (Ginting, 2005), membaca menunjukkan interpretasi segala sesuatu yang kita persepsi. Proses membaca juga meliputi identifikasi simbol-simbol bunyi dan mengumpulkan makna melalui simbol-simbol tersebut. Broughton (Gunting, 2005) mengemukakan membaca merupakan keterampilan yang bersifat pemahaman (comprehension skills) yang dapat dianggap berada pada urutan yang lebih tinggi (higher order). (www1.bpkpenabur.or.id/jurnal/04/017-035.pdf).



Membaca membantu kita untuk lebih pintar dan lebih mengerti serta lebih faham. Sudah tertata jelas dengan pengertian – pengertian dari para ahli diatas. Bahwa membaca bisa disimpulkan dengan penerimaan simbol-simbol oleh sensori, merupakan kegiatan fisik dan mental serta merupakan transmisi dalam pemikiran.
      II.            Manfaat membaca
Membaca sangat banyak manfaat dan faedahnya membaca bisa membukakan pikiran kita. Dengan membaca kita bisa berekreasi  mengetahui segalanya, kita bisa belajar aktif dalam baca adapun menurut Andre Wongso ada 8 (delapan) manfaat membaca.
1. Membaca membangun pondasi yang kuat untuk dapat mempelajari dan memahami berbagai disiplin ilmu sekaligus mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Senang membaca meningkatkan kecerdasan verbal dan lingusitik karena membaca memperkaya kosa kata dan kekuatan kata-kata.
3. Membaca mencegah rabun mata, karena membaca melatih dan mengaktifkan otot-otot mata.
4. Membaca mencegah kepikunan karena melibatkan tingkat konsentrasi lebih besar, mengaktifkan, dan menyegarkan pikiran.
5. Kegemaran membaca membantu meningkatkan kecerdasan, serta meningkatkan daya kreativitas dan imajinasi.
6. Membaca membantu memperbaiki rasa percaya diri, mengembangkan kemampuan memanajemen emosi, dan meningkatkan kemampuan melakukan interaksi sosial positif di mana pun dan kapan pun.
7. Membaca membentuk karakter dan kepribadian, sampai-sampai ada pepatah yang mengatakan, "Apa yang kita baca sekarang, seperti itulah kita 20 tahun yang akan datang".
8. Membaca menjadikan kita lebih dewasa, lebih arif dan bijaksana dalam menjalani kehidupan.
Bagaimanapun membaca adalah kunci untuk membuka jendela dunia. Kita ketahui apabila tidak bisa membaca kita pasti gampang di bodohi oleh orang.
Adapun manfaat  membaca karya tulis ilmiah yaitu kita bisa mempelajari apa-apa saja yang belum kita ketahui ataupun kekurangan kita , danm kita juga bias mempelajari karya tulis ilmiah yang kit abaca sangat di harapkan apabilakita bias mengplikasikannya dan itu pula kita bias menganalisis karya tulis ilmiah yang kita baca  agar bias memperbaiki karya tulis ilmiah kita ataupun kita bias mencoba membuat karya tulis ilmiah seperti itu tanpa harus menjiplaknya.

Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar